Sabtu, 03 Maret 2018

Konfigurasi VLAN dengan switch-chip pada mikrotik


A. Pendahuluan
1. Pengertian
    Virtual Local Area Network (VLAN) adalah metode Layer 2 yang memungkinkan beberapa LAN Virtual pada satu antarmuka fisik (ethernet, wireless, dll.), Yang memberikan kemampuan untuk memisahkan LAN secara efisien.

2. Latar belakang
    Dengan adanya VLAN ini kita dapat memisahkan LAN secara efisien.

3. Maksud dan tujuan
     Untuk membuat membuat ethernet virtual pada satu ethernet.

4. Hasil yang diharapkan
         Dengan adanya VLAN ini kita dapat membuat jaringan virtual ethernet sehingga dapat lebih efisien dalam penggunaan ethernet.

B. Alat dan bahan
     2 buah mikrotik
     Laptop
     Kabel UTP

C. Jangka waktu pelaksanaan
     Sekitar 30 menit

D. Proses dan tahapan pelaksanaan
     Disini saya buat topologinya seperti ini di topologi ini saya buat DHCP Client untuk terkoneksi ke internet dan saya buat pula settingan DHCP Client dimsaing-masing laptop.

1. Pertama kita setting dimikortik pertama, masuk kemenu Interfaces-klik +, dan pilih VLAN, yang pertama saya buat nama vlan 10 dan vlan id 10 untuk ether 4, dan saya buat vlan lagi dengan nama vlan 20 vlan id 20 untuk ether 4, lalu klik Apply dan Ok.

2. Lalu saya buat ip disetiap vlannya, saya buat ip 192.168.10.2/24 untuk vlan 10 dan ip 172.168.10.2/24 untuk vlan 20, lalu klik Apply dan Ok.

3. Lalu saya buat DHCP Server disetiap interface VLANnya, klik next terus sampai DHCP Server selesai.


4. Kemudian kita masuk kerouter 2, klik interfaces-klik pada ether 2 dan pilih Master Port ether 1 lalu klik Apply dan Ok, lakukan konfigurasi ini diether 3.

5. Selanjutnya kita konfigurasi trafik pada switch vlan, pertama kita masuk kemenu switch-port, pilih ether 1, vlan mode pilih secure (mode ini akan men-drop apabila trafik yang masuk dengan VLan Tag namun port-nya tidak ada atau tidak sesuai di VLan Tabel) pada VLAN Header pilih add if missing (ini akan menambahkan VLAN header pada paket data), klik Apply dan Ok.
Masuk keether2-vlan mode=secure-vlan header=always strip (ini akan menghilangkan vlan header pada paket data), pilih vlan id 10, klik Apply dan Ok. dan lakukan langkah ini pada ether 3 tapi v;an idnya 20.

6. Kemudian masuk kemenu Switch-VLAN, klik +, yang pertama isikan vlan id 10 untuk port pilih ether 1 dan ether 2, klik Apply dan Ok. Lalu klik +, vlan id 20, port pilih ether1 dan ether 3, klik Apply dan Ok.


7. Kemudian kita tes ping pada salah satu komputer jika hasilnya seperti gambar dibawah maka konfigurasi vlan telah berhasil.


E. Hasil yang didapatkan
    Perangkat end deviec pada jaringan vlan dapat terhubung keinternet.

F. Temuan permasalahan
    -

G. Kesimpulan
     Jadi, vlan ini adalah suatu cara untuk membuat virtual diethernet seolah-olah pada satu port terdapat beberapa port.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar