Jumat, 02 Maret 2018

Konfigurasi Bridge pada mikrotik



A. Pendahuluan
1. Pengertian
    Bridge adalah menggabungkan 2 atau lebih interface dalam satu ethernet atau sejenisnya seolah-olah berada dalam satu segmen network yang sama.

2. Latar belakang
    Dengan adanya bridge ini kita bisa mengoneksikan keinternet tanpa mengatur IP Addressnya bila pada router pusat telah disetting DHCP Server.

3. Maksud dan tujuan
    Dengan bridge ini kita dapat menjadikan beberapa device menjadi satu segmen seolah-olah router itu seperti switch.

4. Hasil yang diharapkan
         Beberapa device dapat terhubung melalui bridge.

B. Alat dan bahan
    Mikrotik
    Laptop
    Kabel UTP

C. Jangka waktu pelaksanaan
    8 menit

D. Proses dan tahapan pelaksanaan
Disini saya menggunakan 2 laptop sebagai alat praket.
1. Yang pertama kita masuk kemenu Bridge, Klik +, Klik Apply dan Ok.


2. Masuk kemenu ports, disini saya akan membuat 3 interface menjadi satu segmen, pertama saya pilih ether 1, lalu klik Apply dan Ok.

Yang kedua saya setting ether 2 agar satu segmen dengan ether 1, pada interface pilih ether2, lalu klik Apply dan Ok.

Yang ketiga saya setting ether 3 supaya satu segmen dengan ether 1 dan 2, pada interface saya pilih ether 3, lalu klik Apply dan Ok.


3. Sesudah setting bridge, kemudian setting DHCP Client, dijaringan ini menggunakan DHCP Client, pada interface pilih bridge1, lalu klik Apply dan Ok.

4. Masuk kemenu firewall-NAT-pada Action pilih masquerade, lalu klik Apply dan Ok.

5. Lalu kita tes ping dilaptop 1, tapi jangan lupa kita konfigurasi DHCP dilaptop kita, jika hasilnya seperti gambar dibawah maka konfigurasi bridge sudah jadi.



6. Dan saya akan mencoba dilaptop 2 apakah bisa dites ping, bila hasilnya seperti gambar dibawah ini maka konfigurasi sudah berhasil.

E. Hasil yang didapatkan
    Beberapa device dapat terhubung melalui bridge.

F. Temuan permasalahan
    -

G. Kesimpulan
     Jadi, kesimpulannya adalah bridge ini dapat menghubungkan beberapa device agar menjadi satu segmen.

H. Referensi
      Ebook materi Mikrotik MTCNA-05-2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar