Rabu, 07 Maret 2018

Konfigurasi Simple Queue dan Queue Tree untuk membandwith data


A. Pendahuluan
1. Pengertian
    Bandwith adalah perbedaan antara frekuensi ternedah dan frekuensi tertinggi dalam rentang tertentu. Simple queue adalah metode termudah yang digunakan untuk memanagement bandwith dengan menu dan konfigurasi sederhana dan sedangkan queue tree adalah metode untuk memanagement bandwith dengan lebih kompleks dan lebih fleksibel untuk kondisi tertentu.

2. Latar belakang
     Memanagement bandwith

3. Maksud dan tujuan
    Melimit penggunaan bandwith.

4. Hasil yang diharapkan
         Penggunaan internet dapat dibandwith.

B. Alat dan bahan
     Laptop
     Mikrotik
     Kabel UTP

C. Jangka waktu pelaksanaan
     Sekitar 15 menit

D. Proses dan tahapan pelaksanaan
    Pertama kita akan setting untuk simple queue :
1. Koneksikan mikrotik kita keinternet terlebih dahulu, masuk kewinbox klik Queue, klik +, ketikan nama untuk simple queuenya pada kolom name, pada target pilih interface yang ingin dibandwith, pada Max. Limit pilih ukuran dari bandwith, klik Apply dan Ok.


2. Masuk kesitus speedtest, kita akan uji kecepatan bandwith, jika kecepatannya tidak lebih dari yang tadi kita atur maka konfigurasinya telah berhasil.

Yang kedua saya setting queue tree :
1. Masuk kemenu firewall-pilih Mangle, klik +, pada chain pilih forward, dst. Address pilih ketikan ip laptop, untuk prtocol pilih tcp, lalu setting lagi Manglenya tetapi ketikan ip address di Dst. Address. Pada Action pilih mark packet, pada new packet mark ketikan nama untuk packet uploadnya, klik Apply dan Ok, lakukan langkah ini tetapi pada New Packet Mark ketikan nama untuk downloadnya.



2. Masuk kemenu queue, dan pilih queue tree, klik +, pada Name ketikan nama untuk queue yang mengarah dari mikrotik kelaptop kita, pada Parent pilih ether 2, pada packet marks, pilih mark packet yang tadi kita buat, queue type pilih default-small, pada Max. Limit ketikan ukuran untuk bandwith downloadnya, lalu buat queue tree baru dan ketikan namanya untuk upload, disini saya menggunakan interface wlan1 yang mengarah dari mikrotik menuju keinternet, mark packetnta saya pilih upload, Max limit saya buat sama seperti yang download, lalu klik Apply dan Ok.


3. Lalu kita uji dengan speedtest hasilnya adalah kecepatan akses internet tidak lebih dari 600 kb, ini berarti kita sudah berhasil memanagement bandwithnya dengan queue tree.


E. Hasil yang didapatkan
    Kecepatan akses internet dapat dibatasi.

F. Temuan permasalahan
    -

G. Kesimpulan
      Jadi, dengan adanya metode ini kita dapat mudah mengatur bandwith sesuai keinginan kita.

H. Referensi
     https://id.wikipedia.org/wiki/Lebar_pita
     Ebook Bandwith Management

Tidak ada komentar:

Posting Komentar