A. Pendahuluan
1. Pengertian
Prosedur operasi standar (Bahasa Inggris: standard operating procedure, SOP) atau kadang disingkat POS, adalah suatu set instruksi yang memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk atau direktif. Hal ini mencakup hal-hal dari operasi yang memiliki suatu prosedur pasti atau terstandardisasi, tanpa kehilangan keefektifannya. Setiap sistem manajemen kualitas yang baik selalu didasari oleh POS.
2. Latar belakang
Kesehatan dan keselamatan kerja sangat penting bagi pekerja, karena dengan ini pekerja dapat terhindar dari bahaya/kecelakaan saat bekerja.
3. Maksud dan tujuan
Dapat mengetahui dan menerapkan konsep keselamatan dan kesehatan kerja.
4. Hasil yang diharapkan
Dapat menerapkan konsep kesehatan dan keselamatan kerja didunia kerja.
B. Alat dan bahan
Laptop
Koneksi internet
C. jangka waktu
pelaksanaan
45 Menit
D. Proses dan
tahapan pelaksanaan
Menurut Tjipto Atmoko, Standart Operasional Prosedur merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fugsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.
Manfaat Standar Operasional Prosedur :
1. Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan
2. Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian dalam bertugas
3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam bertugas dan bertanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara menyeluruh
4. Menjadikan pegawai lebih mandiri
5. Meningkatkan akuntabilitas dalam bertugas
6. Menciptakan ukuran standar kinerja
7. Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan
8. Memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai
9. Memberikan informasi mengenai beban tugas yang diberikan oleh pegawai
Tujuan Standard Operating System (SOP) :Manfaat Standar Operasional Prosedur :
1. Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan
2. Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian dalam bertugas
3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam bertugas dan bertanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara menyeluruh
4. Menjadikan pegawai lebih mandiri
5. Meningkatkan akuntabilitas dalam bertugas
6. Menciptakan ukuran standar kinerja
7. Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan
8. Memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai
9. Memberikan informasi mengenai beban tugas yang diberikan oleh pegawai
1. Agar pegawai bisa menjaga konsistensi dan tingkat kinerjanya
2. Agar mengetahui tantang peran dan fungsi tiap-tiap posisi didalam organisasi
3. Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai
4. Melindungi organisasi kerja dan petugas
5. Untuk menghindari kegagalan, kerguan, dll dalam bekerja
Fungsi Standard Operating Prosedure :
1. Memperlancar tugas
2. Sebagai dasar hukum bila ada penyimpangan
3. Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatan dan mudah untuk diketahui
4. Mengarahkan petugas/pegawai untuk displin dalam bekerja
5. Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan
Keuntungan SOP :
1. Akan menjadi pedoman bagi pelaksana, menjadikan alat komunikasi, dan pengwasan serta menjadikan pekerjaan selesai secara konsisten
2. Para pegawai akan lebih memiliki rasa percaya diri dalam bekerja dan mengetahui apa yang harus dicapai dalam pekerjaan
3. SOP juga digunakan sebagai alat trainning dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja pegawai
E. Hasil yang
didapatkan
Memahami dan menerapkan materi SOP didunia kerja
F. Kesimpulan
Jadi, SOP ini penting bagi para pekerja, dengan adanya SOP pekerja akan tenang dan dapat meminimalisir kecelakaan kerja.
G. Referensi
Ebook BLC Telkom Klaten
Good
BalasHapus